Seminar Peningkatan Pendapatan Keluarga Melalui Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dalam Rangka Milad Muhammadiyah ke-111

Bantul (3/12/2023) – Dalam rangka memperingati Milad Muhammadiyah ke-111, Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Tirtonirmolo Barat, Kasihan, Bantul, DIY, mengadakan seminar bertema “Meningkatkan Pendapatan Keluarga Melalui Pengelolaan Sampah Rumah Tangga” pada Ahad (3/12) di Masjid Al-Muthohar Bekelan.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara PRM dan PRA Tirtonirmolo Barat dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Magister Manajemen Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melalui Program Pemberdayaan Umat (Prodamat). Seminar ini diikuti oleh anggota PRM-PRA, aktivis pengelolaan sampah dari lingkungan RT, Masjid, dan Mushola di wilayah Tirtonirmolo Barat.

Dua narasumber hadir dalam acara ini, yakni Dosen FEB dan Sekprodi MM UAD Dr. Salamatun Asakdiyah, MSi., MCA., yang membawakan materi mengenai “Pengelolaan Sampah Melalui Strategi SWOT Analysis.”

Ketua PRM Tirtonirmolo Barat, H. Sofriyanto Solih Mu’tasim, S.Pd., dalam sambutannya mengapresiasi penyelenggaraan seminar ini. Ia menuturkan bahwa kegiatan ini sangat relevan bagi masyarakat, khususnya dalam mengelola sampah yang masih menjadi dilema kontemporer. Sofriyanto menambahkan bahwa pengelolaan sampah merupakan manifestasi dari tema Milad Muhammadiyah ke-111. Menurutnya, persoalan sampah sangat kompleks dan pengetahuan masyarakat dalam mengelolanya masih minim. Ia berharap, pasca-kegiatan ini, warga Persyarikatan di Tirtonirmolo Barat dapat mengelola sampah dengan baik dan benar sehingga dapat menyelamatkan lingkungan dari kerusakan dan bencana alam.

Seminar ini diharapkan memberikan dampak positif bagi masyarakat Tirtonirmolo Barat dalam mengelola sampah rumah tangga dan meningkatkan pendapatan keluarga melalui pengelolaan sampah yang efektif dan efisien.

Didukung Oleh
  • Komunikasi dan Penyiaran Islam UMY
  • International Program of Islamic Communication (IPICOM)
  • Lembaga Sistem Informasi UMY
Copyright © PRM Tirtonirmolo Barat | Design By KPI Student
× How can I help you?